Sebenarnya saya tidak mau menulis lagi di sini. Tapi karena tempat yang baru belum siap. Dan saya ingin sekali mempublikasikan tulisan ini. Maka izinkan saya menaruh tulisan ini sementara di sini.

Satu hal yang saya senang dari MBTI adalah ketika menemukan orang2 yang ternyata juga berbagi pikiran2 dan pola2 pikir aneh seperti saya.
Sejak SMP saya kurang sreg dengan konsep ‘jadian/pacaran’. Hal ini cenderung saya simpan, karena saya tahu ini pemikiran yang tidak lazim. Baru saya berani buka ini pemikiran setelah baru-baru ini, membaca tulisan seorang ENTP, entah di belahan bumi mana, yang menjelaskan opini yang sama dengan detail! (http://personalitycafe.com/entp-forum-visionaries/73395-infj-guide-book-seducing-entp-males-2.html#post1808165) Bisa ditebak apa yang saya rasa? Plong! Akhirnya ada juga yang berfikir demikian! Berarti bukan kelainan psikologi atau apa.
Dan hal-hal lain (yang tidak terlalu ekstrim), juga banyak banget yang sama.

Mungkin anda akan bilang. Ah, itu mungkin justru sayanya yang terpengaruh tipe MBTI saya. Dan akhirnya membuat saya mengarahkan diri jadi ENTP. Hm, argumen balik saya untuk ini: silahkan tanya sifat-sifat saya pada teman-teman saya sebelum kuliah. Saya kenal MBTI di awal-awal kuliah. Banyak juga deskripsi2 ,yang sejak mulai saya kenal MBTI belum pernah saya dengar terkait dengan ENTP. Deskripsi2 tersebut, salah satunya saya temukan di http://personalitycafe.com/entp-forum-visionaries/10674-you-know-youre-entp-when-6.html#post256309. Bagian ‘taking things for granted’. Bertahun-tahun saya menyenangi dan mengeksplorasi ide itu tanpa sadar itu mungkin bawaan ENTP. Bukti tambahaan bahwa kluster kasar kepribadian ini memang ada. (Secara umum, saya mendukung keberadaan MBTI, dan merasa ini harus disebar.)

Oh satu lagi! (setelah menulis paragraf di atas, saya membaca lagi): http://personalitycafe.com/entp-forum-visionaries/10674-you-know-youre-entp-when-6.html#post259463 poin ke 5. Itu tidak pernah dijelaskan di deskripsi2 umum ENTP di internet. Saya pernah merasakan hal itu cukup kuat, khususnya saat remaja.
Ini jelas-jelas yang saya rasakan sekarang! http://personalitycafe.com/entp-forum-visionaries/10674-you-know-youre-entp-when-7.html#post264963 . ( Percayalah, saya menulis ini sambil membaca thread berurutan. Paragraf ini respon langsung saya setelah membaca tulisan di trit tersebut. lama-lama bisa jadi thread-reading-commentary tulisan ini 😀 )
http://personalitycafe.com/entp-forum-visionaries/10674-you-know-youre-entp-when-10.html#post279988 JIahahha! That’s what I do now. Not an exam, btw, but office things. (yap, tulisan ini resmi jadi thread-reading-commentary, meski awalnya tidak ditujukan untuk itu!)
Damn! Another one! http://personalitycafe.com/entp-forum-visionaries/10674-you-know-youre-entp-when-11.html#post285286 This what do as 4-7 years old children. Ask my Mom! I played it alone. I don’t remember my reason, choosing to play this alone. Usually by holding breath.. Up until now, death (what is after death actually)  is one of my most precious mysteries, which I save it to be unveiled later on.
Another classic one (comment #110, same thread) ; -> “People groan when you raise your hand in class” (& really love the last line of this comment 🙂 )
http://personalitycafe.com/entp-forum-visionaries/10674-you-know-youre-entp-when-13.html#post301455 Mine? “How to prefectly isolate photon(s), so we can measure the mass”. Come up with my own idea & discuss it with my senior high school physic teacher back then. (another lovely memory of high school, beside philosophical conversation with Saripundin. )
Wah wah, kepanjangan. Baca sendiri deh. Kalau tertarik, anda bisa tes di mypersonality.info.

Satu hal yang saya suka lagi. MBTI membuka batas, bangsa, budaya, agama, ras, bahkan jenis kelamin. Ternyata ada sesuatu dari kita, yang tidak dipengaruhi hal-hal tersebut. Membuat ENTP di Indonesia, Eropa, Afrika, Amerika, merasa seperti di’rumah’ ketika membaca trit ‘You Know You’re ENTP When …’. Dan hal itu adalah; karakter inti manusia.

